IndiHome Digital Home Experience

Musim Liburan Tiba, Jatim Siap Sambut Wisatawan

Jatim  SENIN, 20 JUNI 2016 , 00:10:00 WIB | LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR

Musim Liburan Tiba, Jatim Siap Sambut Wisatawan
RMOL. Pariwisata Jawa Timur siap menyambut wisatawan nusantara dan mancanegara dalam libur panjang Lebaran 2016 dan sekaligus liburan anak-anak sekolah. Gubernur Jawa Timur Soekarwo percaya diri objek wisatanya tidak akan mengecewakan para pemudik.
"Maka nikmati (pariwisata) bersama keluarga dan orang tercinta di Jawa Timur," ujar Pakde Karwo, sapaan akrab pria berkumis ini, dalam keterangannya (Minggu, 19/6).

Tahun 2016 ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim menargetkan 50 juta wisatawan. Target tersebut lebih banyak 10 persen dari proyeksi 2015 yang mencapai 48 juta pengunjung.

Menurut data Dinas Pariwisata Jatim, jumlah wisatawan dalam dan luar negeri mengalami peningkatan signifikan, pada tahun 2014 jumlah wisatawan domestik sebanyak 45,2 juta orang dan meningkat hingga 48,5 juta orang pada 2015.

Salah satu kota yang menjadi tujuan banyak wisatawan di Jatim adalah Malang. Di kota ini terdapat objek wisata Jatim Park Group, Museum Angkut, BNS, dan masih banyak lagi.

Menpar Arief Yahya pernah meresmikan salah satu museum yang disebut Museum Angkut, dan kini menjadi andalan #PesonaLebaranMalang. Anda belum masuk ke sana?

"Rugi kalau belum pernah ke sana! Mumpung liburan Lebaran, silakan eksplore wisata Jawa Timur, wisata Malang yang makin menarik bagibwisatawan," sebut Menpar Arief Yahya.

Selain Malang dan Jatim Park Group, Jatim masih memiliki lokasi wisata lain yang sayang untuk dilewatkan. Inilah 10 di antaranya.

1.Gunung Bromo. Keindahan Gunung Bromo bukan hanya terkenal di kalangan wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara. Secara geografis, Gunung Bromo terletak di empat kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang.

2.Pantai Papuma Jember, yang terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Di kalangan masyarakat luas, Pantai Papuma juga dikenal sebagai Pantai Tanjung Papuma karena posisi daratannya yang menjorok ke laut menyerupai tanjung.

3.Kawah Ijen di kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen, di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Tempat wisata alam di Jawa Timur ini merupakan kawah asam terbesar di dunia dengan tinggi dinding kaldera mencapai 500 meter dan luas kawah mencapai 5,466 hektar. Kawah Ijen ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting salah satu film layar lebar Indonesia.

4. Pantai Pulau Merah, yang terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai Pulau Merah merupakan pantai dengan ciri-ciri seperti kebanyakan pantai di Brazil. Pantai ini juga mirip dengan Pantai Kuta di Bali, sehingga cocok untuk tempat berselancar.

5. Air Terjun Madangkaripura di kabupaten Probolinggo dan masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Sehingga ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi Gunung Bromo, sebaiknya mampir untuk melihat keindahan air terjun ini. Air Terjun Madangkaripura adalah air terjun tertinggi di pulau Jawa dan merupakan air terjun tertinggi kedua setelah air terjun Sigura-gura.

6. Taman Nasional Baluran di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, tepatnya di Banyuwangi bagian utara. Taman Nasional Baluranadalah padang savana terluas di pulau Jawa dengan spesies hewan dan tumbuhan yang beragam. Berkunjung ke lokasi ini membuat Anda seoalah berada di Afrika. Itulah mengapa Taman Nasional ini sering disebut sebagai Afrikanya Indonesia.
Di tempat wisata alam di Jawa Timur ini, Anda akan disuguhi pemandangan kawanan hewan yang hidup lepas seperti di Afrika dan juga pemandangan sekitar 444 jenis tumbuhan asli yang khas.

7. Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil yang masih dalam satu lokasi dengan Pantai Sendang Biru, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang. Pulau Sempu merupakan cagar alam yang memiliki beragam ekosistem seperti hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah. Yang membuat Pulau Sempu ini istimewa adalah Laguna Segara Anakan yang terdapat di dalam pulau.

8.Ranu Kumbolo, di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di antara kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Kalau ingin menikmati keindahan Ranu Kumbolo, harus mempersiapkan kondisi fisik yang matang. Paling tidak, lakukan jogging dan olahraga ringan satu minggu sebelum keberangkatan, karena Anda harus trekking selama 4-5 jam untuk mencapai danau ini.

Tak perlu khawatir bosan karena selama perjalanan menuju Ranu Kumbolo pengunjung akan disuguhi pemandangan batuan terjal, bukit yang ditumbuhi pohon cemara dan pinus, juga kepulan asap tebal Gunung Semeru. Pengunjung dilarang mandi, berenang, atau buang air di danau ini karena airnya super jernih dan dapat diminum langsung.

9.Pantai Klayar di Kecamatan Donorojo. Tempat wisata alam di Jawa Timur ini terbilang masih alami, sehingga jalanan menuju pantai ini cukup sulit. Pantai Klayar adalah salah satu objek wisata unggulan di Pacitan.

10. Songa Rafting di Jalan Krajan Condong, Wangkal, Gending, Probolinggo, merupakan tempat bagi yang menyukai kegiatan pemicu adrenalin. Sungai yang digunakan untuk rafting adalah Sungai Pekalen. [zul]

Komentar Pembaca
Tuntut Ahok Ditangkap

Tuntut Ahok Ditangkap

SENIN, 16 JANUARI 2017 , 20:46:00

Tahanan Ditelanjangi

Tahanan Ditelanjangi

SENIN, 16 JANUARI 2017 , 15:21:00

Bagikan Permen Ke FPI

Bagikan Permen Ke FPI

SENIN, 16 JANUARI 2017 , 22:51:00