IndiHome Digital Home Experience

Koperasi di Pesisir Utara Jatim Layak Jadi Percontohan Nasional

Jatim  MINGGU, 17 JULI 2016 , 02:45:00 WIB | LAPORAN: YAYAN SOPYANI AL HADI

Koperasi di Pesisir Utara Jatim Layak Jadi Percontohan Nasional

puspayoga/net

RMOL. Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga melakukan kunjungan kerja ke sejumlah Koperasi  di Jawa Timur, khususnya di daerah pesisir utara, tepatnya di KUD Mina Tani Kabupaten  Lamongan dan Koperasi Kareb, Kabupaten Bojonegoro.
"Saya mendapati dua koperasi ini cukup bagus dan bisa menjadi percontohan nasional,  karena dalam operasionalnya koperasi ini mampu meningkatkan taraf hidup msyarakat," ujar Puspayoga, usai mengunjungi KUD Mina Tani Lamongan dan Koperasi Kareb Bojonegoro, Sabtu (16/7).

Ia menunjuk KUD Mina Tani yang beranggotakan 1.200 orang, dengan 60 persen nelayan dan sisanya 40 persen petani, yang kini sudah mampu mencapai  omset Rp 80 miliar dengan aset senilai Rp 44 miliar dan SHU yang mencapai Rp 500 juta pada 2015 lalu.

KUD Mina Tani juga menjadi MPS (Mitra Produksi Sigaret) SKT (Sigaret Kretek Tangan) dari HM Sampoerna.  Kemitraan antara perusahaan besar dengan koperasi ini menurut Puspayoga sangatlah bagus, karena mampu menyerap tenaga kerja secara signifikan.

"Itu sangat agus, apalagi Presiden Jokowi juga menekankan perekonomian yang padat karya,, dan potensi semakin berkembangnya juga masih besar," kata Puspayoga.

Contoh lain menurut Menteri Puspayoga adalah KUD Kareb Bojonegoro yang  selain menjadi MPS SKT pabrik rokok HM Sampoerna, juga memiliki sejumlah lini usaha lain yang berkembang dengan pesat.

"Yang hebat, Koperasi Kareb ini juga mampu menjadi distributor bagi pedagang-pedagang kecil maupun pertokoan karena koperasi Kareb langsung menjadi kerjasama dengan perusahaaan besar selaku produsen di hilir," tambah Menteri Puspayoga. [ysa]

Komentar Pembaca
Tuntut Ahok Ditangkap

Tuntut Ahok Ditangkap

SENIN, 16 JANUARI 2017 , 20:46:00

Tahanan Ditelanjangi

Tahanan Ditelanjangi

SENIN, 16 JANUARI 2017 , 15:21:00

Bagikan Permen Ke FPI

Bagikan Permen Ke FPI

SENIN, 16 JANUARI 2017 , 22:51:00