RIBUAN ANGKOT DI KOTA MALANG MOGOK

Trasnportasi Online Ditolak, Ribuan Penumpang Terlantar

Nusantara  SELASA, 26 SEPTEMBER 2017 , 15:13:00 WIB | OLEH: ACHMAD RIZAL

Trasnportasi Online Ditolak, Ribuan Penumpang Terlantar

Masyarakat pengguna jasa angkutan kota terpaksa diangkut menggunakan truk milik TNI

RMOL. Ribuan sopir angkutan kota (angkot) di Kota Malang mogok massal, Selasa (26/9/2017), sebagai ekspresi penolakan pada hadirnya transportasi berbasis online.

Mereka berunjuk rasa di kawasan Bundaran Jalan Tugu yang terdapat Balaikota dan Gedung DPRD, hingga Stasiun Kota Baru. Akibatnya, ribuan warga yang sehari-hari menggunakan jasa angkot pun terlantar hingga dua jam lebih. Dan baru tertangani setelah polisi, TNI dan Pemkot, menurunkan kendaraan bak terbuka milik mereka, termasuk bus sekolah.

Atmosfer biru (warna angkutan kota) pun mewarnai Bundaran Tugu. Sejak pukul 09.00 WIB, para sopir sudah berkumpul dan berunjuk rasa. Sembari berorasi bergantian, mereka juga membubuhkan tandatangan pada bentangan kain putih berisi tuntutan. Substansi unjuk rasa yang sudah dilakukan untuk kali kedua ini tetap sama, yakni menolak beroperasinya moda transportasi berbasis online.

Hingga berita ini ditulis, aparat Pemkot masih berkoordinasi dan mengupayakan mediasi untuk mengakomodir tuntutan para sopir. Berdasar pengamatan, aksi itu bukannya meraup dukungan masyarakat, tapi tanggapan sinis dan miring. Dari komentar warga yang beredar di medsos, dipastikan, mogok operasi angkot justru membuat masyarakat tidak simpati lagi pada keberadaan angkot.

Warga berpendapat, aksi itu justru membuat masyarakat tidak simpati, karena jelas merugikan. Apalagi mereka berdemo dengan memarkir angkotnya memenuhi badan-badan jalan yang seharusnya menjadi hak masyarakat luas.

Belum lagi terlantarnya pelajar, mahasiswa dan karyawan yang sehari-hari menggunakan jasa angkot. "Yang begini ini kan malah bikin jalan-jalan utama menjadi macet, masyarakat juga terlantar. Dan yang pasti, orang semakin tidak simpati," tutur salah satu akun di medsos.

Komentar Pembaca
KPK Bisa Dibubarkan

KPK Bisa Dibubarkan

SENIN, 10 JULI 2017 , 21:00:00

Rekor! TNI AD 10 Kali Juara di ASAAM

Rekor! TNI AD 10 Kali Juara di ASAAM

SABTU, 08 JULI 2017 , 17:00:00

Sikap Panglima TNI Disesalkan

Sikap Panglima TNI Disesalkan

JUM'AT, 07 JULI 2017 , 23:00:00

Obat Kuat untuk Bareskrim

Obat Kuat untuk Bareskrim

RABU, 26 JULI 2017 , 17:15:00