Indahnya Gunung Anak Krakatau Saat Bergairah Malam Hari

Pariwisata & Budaya  SELASA, 24 JULI 2018 , 10:30:00 WIB

Indahnya Gunung Anak Krakatau Saat Bergairah Malam Hari

Foto : IST

RMOLBanten. Lava pijar bak kembang api raksasa dari tubuh Gunung Anak Krakatau (GAK) membuat indah cakrawala di gulita malam Selat Sunda. Tujuh fotografer trip memburunya.

Dari foto-foto mereka, masyarakat Indonesia dan dunia bisa ikut menikmati keeksotisan gunung berapi langka saat sedang bergairah malam hari di tengah laut akhir-akhir.

Suara dentuman gunung yang induknya pernah meledak dahsyat tahun 1883 menambah sensasional. Budhi Marta, koordinator trip, bersama enam fotografer lainnya memburu keindahannya.

Dari jepretan para fotografer tersebut, indahnya GAK saat sedang bergairah langsung viral lewat berbagai media sosial. Media massa turut menyebarkan sebagai ilustrasi berita dari BMKG.

”Saat kami abadikan dari jarak aman, Minggu (22/7), GAK meletus hingga 270 kali,” ujar Budhi yang hasil jepretan keindahan Lampung mendunia dari karya fotografinya.

Budhi dan kawan-kawan memilih mengabadikan gairah GAK dari Pulau Rakata yang berjarak sekitar 3 km dari GAK, jarak aman yang ditetapkan Badan Vulkanologi.

Sebetulnya, ada beberapa pulau yang bisa disinggahi untuk menyaksikan kembang api raksasa lava pinjar GAK, yakni dari Pulau Panjang, Sertung, dan Rakata.

Budhi dan kawan-kawan memilih Pulau Rakata karena viuwnya bagus dan aman. ”Kita dilarang mendekat dalam jarak lontaran material vukanik kurang dari 1 km dari kawah,” ujarnya.

Untuk sampai ke pulau terasnya Provinsi Lampung itu, mereka berlayar pakai perahu kayu yang disewa Rp3,5 juta PP dari dari Pelabuhan Canti, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, tengah hari.

Sampai di pulau, pukul 14.45 WIB, para fotografer mendirikan tenda, tempat tidur gantung, dan menyiapkan logistik. Di pulau ini, belum ada satupun fasilitas buatan manusia.

Lava pijar bak kembang api raksasa dari tubuh GAK yang membuat indah cakrawala di gulita malam Selat Sunda, bisa menjadi objek wisata khusus bagi peneliti, fotografer, dan lainnya.

Dari mata mereka, dunia bisa mengikuti perkembangan wajah Gunung Anak Krakatau sekaligus mensyukuri betapa indahnya saat gunung tersebut sedang bergairah pada malam hari. Aaah, indahnya dirimu. [***]

Hermansyah
Pimred Kantor Berita RMOL Lampung






Komentar Pembaca
#POLITISIONTHEROAD with Habiburokhman

#POLITISIONTHEROAD with Habiburokhman

SABTU, 28 JULI 2018 , 11:00:00

Kering Capres Ribut Cawapres

Kering Capres Ribut Cawapres

JUM'AT, 27 JULI 2018 , 21:00:00

Ketum PAN Pamitan Ke Jokowi

Ketum PAN Pamitan Ke Jokowi

RABU, 25 JULI 2018 , 15:00:00

Pimpin Rapat

Pimpin Rapat

SENIN, 04 JUNI 2018 , 17:20:00

Lebaran Keluarga PSB

Lebaran Keluarga PSB

JUM'AT, 15 JUNI 2018 , 11:26:00

Temuan BPK Terkait Subsidi Listrik

Temuan BPK Terkait Subsidi Listrik

JUM'AT, 01 JUNI 2018 , 14:29:00