Kasus Pasar Turi

Henry Gunawan Merasa Didzolimi, Pedagang: Bohong!

Hukum  RABU, 12 SEPTEMBER 2018 , 22:42:00 WIB

Henry Gunawan Merasa Didzolimi, Pedagang: Bohong<i>!</i>

Pengacara Henry Gunawan, Yusril/Net

RMOLJatim. Kasus penipuan proyek pembangunan Pasar Turi Baru telah memasuki agenda sidang. Kasus ini menyeret pengusaha  Henry Jacosity Gunawan.

Ia mengajukan nota keberatan (pledoi) atas surat tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) 4 tahun penjara. Terdakwa kasus penipuan dan penggelapan terhaap 12 pedagang Pasar Turi ini, menampik semua tudingan sebagai penipu.

Kami tidak melakukan penggelapan seperti yang dituduhkan. Semua sangat menyedihkan kami. Bagaimana perusahaan kami, karyawan hidup tanpa pekerjaan,” kata Henry saat membacakan nota pembelaan di ruang sidang cakra, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (12/9/2018).

Bos PT Gala Bumi Perkasa (GBP) ini terlihat beberapa kali meminta putusan bebas pada kasus laporan pedagang Pasar Turi. Dia mengaku telah didzolimi atas pemberitaan media yang dianggapnya terlalu menghakimi.

Henry Gunawan berdalih tidak pernah memberikan angin surga pada pedagang Pasar Turi untuk mendapatkan sertifikat strata title. Ini setara dengan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Strata title merupakan pembagian dari HGB Murni yang nanti akan dibagikan ke seluruh penghuni.

Tidak pernah bertemu dan tidak pernah iming-imingi pelapor. Kalau tertipu itu karena mereka dirugikan oleh Pemkot Surabaya. Sudah bayar 6 tahun kontribusi pajak ke Pemkot sebesar Rp 13 miliar. Sehingga seharusnya berhak sertifikat HPL. Namun sampai saat ini belum diberikan ke GBP. Padahal kalau sudah terbit maka akan digunakan sebagai hak strata title selama waktu yang diperjanjikan. Ini sah secara hukum dan dikuatkan oleh kantor pertanahan,” urainya.

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Ahmad Dhani 'Tahanan Politik' Sidang Perdana di Surabaya
Pitra Yadnya, Proses Pemandian Jenazah Di Bali

Pitra Yadnya, Proses Pemandian Jenazah Di Bali

KAMIS, 14 FEBRUARI 2019 , 12:04:00

Miris, Rumah Sudanco Supriyadi Dijual

Miris, Rumah Sudanco Supriyadi Dijual

KAMIS, 14 FEBRUARI 2019 , 19:21:00

The ads will close in 10 Seconds