Ada ‘Konspirasi’ Di Asia Sentinel?

OLEH: AK SUPRIYANTO

Internasional  SABTU, 15 SEPTEMBER 2018 , 11:51:00 WIB

Ada ‘Konspirasi’ Di Asia Sentinel?
KASUS lawas terkait Bank Century tiba-tiba menyeruak ke publik. Sebuah situs berita yang berbasis di Hongkong, Asia Sentinel, 11 September lalu menurunkan artikel berjudul Indonesia’s SBY Government: ‘Vast Criminal Conspiracy’. Artikel berbahasa Inggris itu (belakangan linknya hilang) segera menjadi kontroversi di Indonesia setelah diberitakan oleh media-media lokal tanah air.

Sayang sekali, media-media kita tidak mencoba mengulas tulisan John Berthelsen tersebut dalam perspektif kritis yang mencerahkan publik. Alih-alih, sebagian media memilih ‘menggaungkan’ klaim Berthelsen dan sebagian lainnya bahkan ‘menyangarkan’; membuat hal yang sebetulnya biasa-biasa saja menjadi seolah-olah sangat istimewa.

Ada beberapa aspek dari tulisan tersebut dan juga berita-berita lokal yang ‘menggaungkannya’ perlu dikritik, agar publik tak terlalu ‘syur’ apalagi langsung menganggap informasi itu sebagai karya jurnalistik yang ‘dahsyat’ dan penuh kebenaran.

‘Perayaan’ atas tulisan tersebut sebagai karya jurnalistik- hanya menunjukkan inferiority complex mentalitas dunia ketiga yang mudah menganggap produk asing atau barat sebagai hebat dan benar, sebagaimana kerap dibongkar dalam kajian pascakolonial.

Padahal, tidak ada sumber lain yang coba dirujuk oleh Berthelsen kecuali apa yang dia sebut sebagai dokumen investigasi bertebal 488 halaman yang mendampingi gugatan Weston International Capital ke pihak J Trust. Menurut Asia Sentinel, gugatan itu dimasukkan ke Mahkamah Agung Mauritius pada minggu pertama September 2018.


Komentar Pembaca
Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Prabowo-Sandi Fokus Revitalisasi Ekonomi Kerakyatan

The ads will close in 10 Seconds