Atasi Mafia Tanah, Polda Jatim Gandeng BPN

Hukum  SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 18:12:00 WIB | LAPORAN: I KOMANG ARIES DARMAWAN

Atasi Mafia Tanah, Polda Jatim Gandeng BPN

Kapolda Jatim/RMOLJatim

RMOLJatim. Sejumlah persoalan tanah di Jawa Timur disebabkan masih adanya mafia tanah. Adanya tumpang tindih surat kepemilikan tanah serta pengakuan atas tanah adat menjadi penyebabnya.

Hal itu dikatakan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan saat melakukan penandatanganan MoU bidang agraria di wilayah Jawa Timur bersama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Timur Drs Heri Santoso di Rama Ballroom Hotel Wyndham, Jalan Basuki Rachmat Surabaya, Selasa (23/10).

"Permasalahan agraria ini harus segera ditangani secara serius dan kompehrensif," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Luki menegaskan bahwa dengan adanya MoU penandatangan perjanjian kerjasama diharapkan bisa memecahkan masalah tanah yang terjadi di Jawa Timur, kendati Satgas Anti Mafia Tanah sudah terbentuk setahun lalu.

Pasalnya, dampak yang diakibatkan dari permasalahan tanah yang terjadi bisa berpotensi mengakibatkan konflik sosial, meski sudah ada keputusan pengadilan.

"Pastinya mengganggu Kamtibmas, dengan adanya penandatanganan perjanjian kerjasama ini penegakan hukum tindak pidana di bidang agraria, pihak Kepolisian bisa lebih cepat melakukan proses," urainya.

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

The ads will close in 10 Seconds