BMKG Jatim Pasang Pemantau Cuaca di Pesisir

Daerah  KAMIS, 10 JANUARI 2019 , 18:49:00 WIB | LAPORAN: BUDIONO RA

BMKG Jatim Pasang Pemantau Cuaca di Pesisir
RMOLJatim. Inovasi terus dilakukan pemerintah untuk membantu nelayan di seluruh pesisir pantai di Jawa Timur. Salah satunya dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Timur bekerja sama dengan BMKG (Badan Meteorologi dan Geofisika) yang memasang alat canggih bernama Weather Information Display (WID). Alat ini berfungsi memantau kondisi cuaca di pesisir pantai yang bisa dimanfaatkan oleh para nelayan untuk acuan sebelum melaut.
 
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Moch Gunawan Saleh mengatakan, papan WID kerjasama dengan BMKG ini sudah dipasang di 13 pelabuhan ikan di selatan dan utara Jawa Timur termasuk pesisir Madura. Di pesisir selatan dipasang di PPI Tamperan Pacitan, Tambak Rejo Blitar, Popoh Tulungagung, Sendang Biru Malang, Puger Jember, Pancer Banyuwangi.

 Menyusul tahun ini akan dipasang lagi di pelabuhan Grajakan Banyuwangi, namun pelabuhan itu masih dalam tahap pembangunan,” terang Gunawan, Kamis (10/1/2019).
 
Papan Pemantau Cuaca ini berisi data tentang kondisi angin dan tinggi gelombang air laut yang online dengan update BMKG.

 Jadi sebelum berangkat melaut, nelayan bisa melihat dulu bagaimana kondisi dan prediksi cuaca, karena disitu ditampilkan jam dan ketinggian gelombang pasang surut air laut,” jelas Gunawan yang sebelumnya bertugas sebagai Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan Perikanan Jatim ini.


Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

The ads will close in 10 Seconds