Kerajaan Sadeng Khazanah Kekayaan Sejarah Jawa Timur

Daerah  SENIN, 15 APRIL 2019 , 13:31:00 WIB | LAPORAN: BUDIONO RA

Kerajaan Sadeng Khazanah Kekayaan Sejarah Jawa Timur

foto:RMOL

RMOLJatim.Dahulu kala di Nusantara ini banyak berdiri kerjaan besar dan memiliki pengaruh yang kuat, termasuk kerajaan yang berpusat di Jawa Timur. Namun publik hanya mengenal segelintir kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, seperti Majapahit dengan pusat kerajaan di Mojokerto dan Dhoho dengan pusat kerajaan di Kediri.

Sejatinya, ada beberapa kerajaan yang berdiri dan eksis di Jatim pada masa lampau. Salah satunya Kerajaan Sadeng. Kerajaan ini memiliki wilayah kekuasaan di sekitar Kabupaten Jember dan Bondowoso saat ini. Dengan ibukota kerajaan terletak di wilayah Puger, Jember. Ironisnya, pemerintah daerah maupun provinsi kurang memberi peran dalam menggali sejarah Kerajaan Sadeng.

"Di Nusantara ini pernah berdiri Kerajaan Sadeng yang berpusat di Puger. Kerajaan ini menjadi lumbung pangan. Bahkan mensuplai kebutuhan pangan kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan besar. Warga Jatim dan khususnya Jember harus tahu sejarah ini, apalagi warga Kecamatan Puger," tutur pengamat sejarah Yopi Setiyo Hadi, berdasarkan rilis yang diterima redaksi, Minggu (14/4).

Yopi mengungkapkan Kerajaan Sadeng ni memperkaya khazanah sejarah dan budaya Jawa Timur. Karena  itu pihaknya melakukan penelitian tentang Kerajaan Sadeng ini sejak tahun 2007. Bahkan pada Kamis (11/4) lalu, pihaknya menggelar diskusi di Gedung PAUD Dusun Gedangan Desa Puger Kulon, Kecamatan Peter, Kabupaten Jember.

Dalam diskusi yang diikuti oleh aktivis mahasiswa dan pemuda Puger itu pihaknya mengupas tentang Kerajaan Sadeng.Karena literatur tentang kerajaan ini tergolong minim. Kalaupun ada literatur yang menuliskan Kerajaan Sadeng terkesan minor karena yang tercatat adalah pemberontakan Sadeng yang kemudian berhasil ditumpas oleh pasukan kerajaan Majapahit.


Komentar Pembaca
Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

KAMIS, 23 MEI 2019 , 00:14:00

Demonstran Kawal MK Shalat Dhuhur Berjamaah

Demonstran Kawal MK Shalat Dhuhur Berjamaah

RABU, 26 JUNI 2019 , 19:56:00

SBY Bertemu Megawati

SBY Bertemu Megawati

SENIN, 03 JUNI 2019 , 22:25:00

The ads will close in 10 Seconds