Ruang Gelap Tafsir People Power

Politik  RABU, 15 MEI 2019 , 04:25:00 WIB

Ruang Gelap Tafsir People Power

Ilsutrasi/Net

HARI-hari ini istilah people power menjadi begitu sensitif bahkan terbilang keramat. Ada senjang pemahaman atas diksi tersebut, tentu saja bisa dipergunakan untuk kepentingan masing-masing. Sesuai kodratnya, para penguasa memang tidak akan menyukai sebutan tersebut.

People power bisa menjadi daerah abu-abu untuk bisa dimaknai oleh para pihak. Berdasarkan catatan sejarah internasional, istilah people power digunakan saat penggulingan Ferdinand Marcos dari tampuk kekuasaan Presiden Filipina tahun 1986. Di Indonesia, momen Reformasi 1998 tidak dapat dipungkiri juga menjadi periode people power dengan model tipikal.

Dalam makna linguistik, people power diartikan sebagai kekuatan rakyat. Tentu wajar saja, karena publik pemilik kedaulatan, yang dalam mekanisme legal konstitusional diwakilkan pada parlemen dan pemerintahan terpilih melalui proses politik. Penjelasan aspek bahasa atas people power diterangkan menjadi; political pressure exercised through the public demonstration of popular opinion.

Dapat diartikan sebagai upaya melakukan tekanan politik, dengan melakukan aksi demonstrasi yang membangun opini publik. Sampai pada tataran tersebut, sesungguhnya tidak ada yang terlalu berlebihan, karena hak berdemokrasi menjunjung tinggi persoalan kebebasan dalam berekspresi serta berpendapat.

Problemnya kemudian muncul, ketika konten people power dilekatkan pada konteks kompetisi politik. Kubu penguasa menjadi nampak alergi dengan suara yang berseberangan. Padahal, jika pemerintahan mampu mengelola perbedaan dengan baik, aspirasi yang muncul dan berbeda adalah sebuah mekanisme balancing power agar jalur kekuasaan tidak keluar dari koridor yang seharusnya.


Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Putra Soekarno Dan Sandiaga Uno

Putra Soekarno Dan Sandiaga Uno

RABU, 17 APRIL 2019 , 09:13:00

AHY Safari Politik Ke Jawa Timur

AHY Safari Politik Ke Jawa Timur

SELASA, 26 MARET 2019 , 08:05:00

Kakanwil Kemenag Jatim Digarap KPK

Kakanwil Kemenag Jatim Digarap KPK

SELASA, 26 MARET 2019 , 06:09:00

The ads will close in 10 Seconds