Polisi: Dua Perusuh Aksi 22 Mei Terafiliasi Dengan ISIS

Politik  KAMIS, 23 MEI 2019 , 20:41:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Polisi: Dua Perusuh Aksi 22 Mei Terafiliasi Dengan ISIS

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Muhammad Iqbal/RMOL

RMOLJatim. Ratusan orang yang diduga sebagai pelaku kerusuhan aksi pada 21-22 Mei telah diamankan aparat kepolisian. Dari ratusan pelaku, Polri mengaku dua di antaranya merupakan  kelompok yang terafiliasi dengan ISIS.

"Kami menemukan dua tersangka dari luar Jakarta yang terafiliasi dengan kelompok Garis (Gerakan Reformis Islam). Kelompok Garis ini memang terafiliasi kelompok-kelompok tertentu, itu singkatan Garis," ungkap Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Muhammad Iqbal di Kantor Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), seperti dikutip dari Kantor Berita RMOL.ID Kamis (23/5).

Didampingi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Brigjen Sisriadi dan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum), Kombes Asep Adi Saputra, Irjen Iqbal menyebut para pelaku nekat membuat kerusuhan lantaran hendak jihad. Hal itu didapati usai melakukan introgasi kepada pelaku.
"Jadi keterangan dua tersangka tersebut yang kami tangkap, mereka memang berniat untuk berjihad pada aksi tangal 21 dan 22, kami menemukan bukti-bukti sangat kuat. Sama-sama kita ketahui bahwa kelompok Garis ini pernah menyatakan, membuat statement sebagai pendukung ISIS Indonesia," paparnya.

Bahkan kelompok Garis itu disebutnya telah mengirimkan kadernya ke Suriah. Rencananya, pihak kepolisian akan mempublikasikan kedua oknum tersebut.

Di sisi lain, polisi masih memburu dua orang yang diduga sebagai dalang kerusuhan berdasarkan keterangan dua oknum yang sudah ditangkap.

Komentar Pembaca
Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

KAMIS, 23 MEI 2019 , 00:14:00

Markas Polsek Kebanjiran

Markas Polsek Kebanjiran

SENIN, 29 APRIL 2019 , 08:13:00

Panser Anoa Jadi Sasaran Foto Pengunjuk Rasa

Panser Anoa Jadi Sasaran Foto Pengunjuk Rasa

JUM'AT, 17 MEI 2019 , 19:02:00

The ads will close in 10 Seconds