Khofifah: Pabrik Kertas Tetap Produksi, Lingkungan Hidup Harus Dijaga

Daerah  RABU, 19 JUNI 2019 , 21:54:00 WIB | LAPORAN: MOH MUKIT

Khofifah: Pabrik Kertas Tetap Produksi, Lingkungan Hidup Harus Dijaga

Khofifah tinjau PT Pakerin/RMOLJatim

RMOLJatim. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa setelah berkordinasi dengan beberapa kementerian melanjutkan turun lapangan sekaitan dengan impor sampah kertas bekas yang terindikasi ada ikutan sampah plastik.

Khofifah meminta pabrik kertas di Jatim yang menggunakan bahan baku kertas bekas tetap berproduksi tetapi wajib mengkomunikasikan dengan eksportinya atas resiko pengembalian kontiner. Resiko pengembalian dapat dilakukan  jika ternyata ditemukan kandungan plastik maupun limbah B3 pada barang yang dikirim.

"Saya minta pabrik kertas yang menggunakan bahan baku kertas bekas agar tetap produksi, tetapi wajib  mengkomunikasikan pada ekpsortirnya bahwa jika diketahui terdapat kandungan plastik dengan prosentasi tertentu  maka berpotensi  dikembalikan,” kata Khofifah sapaan lekat Gubernur Jatim usai melakukan kunjungan di PT Pabrik Kertas Indonesia (Pakerin) dan Desa Bangun, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Rabu (19/06).

Khofifah menjelaskan, berdasarkan Permendag 31 tahun 2016 maupun Konvensi Basel mei 2019  mengimpor kertas bekas sebagai bahan baku industri kertas diperbolehkan . Akan tetapi, yang menjadi masalah yakni adanya  ikutan sampah plastik bahkan  limbah B3.

"Jika ada ikutan sampah plastik sampai prosentase tertentu apalagi limbah B3 maka  tidak diperbolehkan oleh regulasi kita maupun Konvensi Basel,” tegasnya sembari menjelaskan masalah ini juga sudah dibahas di tingkat pusat bersama Menko Maritim, Menperin, dan Mendag serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).


Komentar Pembaca
Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

KAMIS, 23 MEI 2019 , 00:14:00

Demonstran Kawal MK Shalat Dhuhur Berjamaah

Demonstran Kawal MK Shalat Dhuhur Berjamaah

RABU, 26 JUNI 2019 , 19:56:00

SBY Bertemu Megawati

SBY Bertemu Megawati

SENIN, 03 JUNI 2019 , 22:25:00

The ads will close in 10 Seconds