Mengintip Penghobi Burung Hias Paruh Bengkok Di Kediri

Lifestyle  JUM'AT, 28 JUNI 2019 , 13:43:00 WIB

Mengintip Penghobi Burung Hias Paruh Bengkok Di Kediri

Anggota komunitas free fly melatih burung paruh bengkok/RMOLJatim

RMOLJatim. Berkali kali terdengar suara peluit di lapangan Kelurahan Semampir, Kota Kediri, Jawa Timur. Belasan burung lalu datang dengan terbang rendah menghampiri sumber suara. Spontan kawanan burung itu hinggap ke pemiliknya.

Inilah rutinitas pagi yang dilakukan komunitas free fly Kediri untuk melatih kecerdasaan burung paruh bengkok peliharaannya.

Selain melatih kecerdasaan, kegiatan ini juga bermaksud agar burung paruh bengkok tersebut mengenal alam lingkungan sekitar supaya tidak terbang secara liar. Pelatihan yang dilaksanakan setiap pagi akhir pekan ini dan menjadi hobi bagi warga Kediri.
 
Di samping memiliki kecerdasaan, burung paruh bengkok disukai karena memiliki warna bulunya yang beragam hingga terlihat mempesona. Jenis burung paruh bengkok yang biasanya dilatih dan memiliki kecerdasan ini antara lain burung parkit, betet, kekep babi, love bird, hingga macaw. Harga burung ini bisa mencapai ratusan juta.

Menurut Fendi, anggota komunitas free fly Kediri, burung hias paruh bengkok menjadi tren karena mudah dipelihara. Burung hias paruh bengkok dilatih semenjak masih peranakan dengan memberi makan dan memanggil namanya hingga mengenalkannya dengan suara peluit. Seiring bertambahnya umur, setahap demi setahap burung bisa melompat hingga akhirnya belajar terbang di alam bebas lalu hinggap kembali ke pemiliknya.

"Agar tidak tersesat ke tempat lain, burung ini dilatih terbang dengan cara bergerombol. Jenis burung yang bisa dilatih diantaranya love bird, parkit, kekep babi hingga macaw," terang Fendi pada Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (28/6).

Komentar Pembaca
Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

KAMIS, 23 MEI 2019 , 00:14:00

Demonstran Kawal MK Shalat Dhuhur Berjamaah

Demonstran Kawal MK Shalat Dhuhur Berjamaah

RABU, 26 JUNI 2019 , 19:56:00

SBY Bertemu Megawati

SBY Bertemu Megawati

SENIN, 03 JUNI 2019 , 22:25:00

The ads will close in 10 Seconds