Benda Purbakala Ditemukan Terpendam di Material Letusan Gunung Kelud

Politik  SABTU, 06 JULI 2019 , 15:01:00 WIB

Benda Purbakala Ditemukan Terpendam di Material Letusan Gunung Kelud

foto:RMOL

RMOLJatim. Dalam kurun waktu satu bulan terakhir ini tercatat sudah ditemukan sebanyak tiga kali benda Purbakala diduga peninggalan kerajaan di wilayah Kabupaten Kediri. Dengan adanya penemuan ini, masyarakat semakin meyakini bahwa  konon kerajaan Kadiri merupakan kerajaan tertua nomer dua di Indonesia.

Kali ini temuan benda purbakala diduga  jaman kerajaan kembali ditemukan di Desa Karang Tengah Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Temuan itu berupa struktur batu bata kuno, yang diduga bangunan sebuah tempat peribadatan atau candi.

Penemuan struktur batu bata kuno ini berawal dari ketidak sengajaan saat warga melakukan aktivitas penggalian tanah. Saat penggalian berlangsung dikedalaman 4 meter diatas permukaan, cangkul yang dipergunakan membentur sebuah batu bata .

Sutris (39) dan Didik (40) warga setempat yang melakukan aktifitas penggalian manual untuk meratakan lahan persawahan kemudian  beralih ke titik lain agar tidak merusak struktur peninggalan bersejarah tersebut

Penemuan ini kemudian didengar oleh Tim Damar Panuluh Nusantara ( DPN) yaitu komunitas penyelamat dan pelestari benda-benda peninggalan leluhur.
lokasi ditemukannya benda purbakala tersebut berada di kawasan aliran sungai Konto Di dusun Wangkal, tepatnya  pada kawasan galian Pasir atau tanah urug lahan milik salah satu warga.

Komentar Pembaca
Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

KAMIS, 23 MEI 2019 , 00:14:00

Demonstran Kawal MK Shalat Dhuhur Berjamaah

Demonstran Kawal MK Shalat Dhuhur Berjamaah

RABU, 26 JUNI 2019 , 19:56:00

SBY Bertemu Megawati

SBY Bertemu Megawati

SENIN, 03 JUNI 2019 , 22:25:00

The ads will close in 10 Seconds