Pendidikan Kita Makin Senewen

Opini  MINGGU, 07 JULI 2019 , 13:06:00 WIB

Pendidikan Kita Makin <i>Senewen</i>
DUNIA pendidikan kita makin senewen, membingungkan, hilang akal alias agak gila. Setiap tahun masaahnya itu-itu saja. Berulang dan berulang.

Sebelumnya kita pernah ribut tentang rencana full day school. Kemudian heboh lagi sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang tak kunjung selesai. Di berbagai daerah, sistem zonasi dikritik habis-habisan. Para orangtua wali murid ramai-ramai demo mengkritisi sistem pendidikan kita yang kacau.

Sekarang, muncul wacana penghapusan pendidikan agama di sekolah. Pernyataan ini muncul dari praktisi pendidikan, Setyono Djuandi Darmono. Menurut Chairman Jababeka, pendidikan agama cukup diajarkan oleh orang tua atau bisa dengan guru agama di luar sekolah. Ah, ini ngacau lagi.

Jagat media sosial langsung heboh. Sejak beberapa hari ini saya pantau, banyak yang mempertanyakan sosok Darmono. Siapa dia? Apa korelasinya dengan penguasa? Apa tujuannya mengapus pendidikan agama? Sebab berita dan foto-fotonya muncul bersamaan dengan foto Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tapi saya tidak akan mengulas sosoknya. Tidak penting. Melainkan, bagaimana soal wacana penghapusan pendidikan agama itu.

Awalnya kita selalu berbaik sangka pada pemerintah, entah mau dibawa kemana pendidikan kita. Mau pakai konsep dan metode apa. Kasarnya, pendidikan kita mau dijadikan kelinci percobaan, semua terserah pemerintah. Namun untuk yang satu ini, usulan Darmono menghapus pendidikan agama jika sampai disetujui pemerintah, maka sudah keterlaluan.


Komentar Pembaca
Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

KAMIS, 23 MEI 2019 , 00:14:00

Demonstran Kawal MK Shalat Dhuhur Berjamaah

Demonstran Kawal MK Shalat Dhuhur Berjamaah

RABU, 26 JUNI 2019 , 19:56:00

SBY Bertemu Megawati

SBY Bertemu Megawati

SENIN, 03 JUNI 2019 , 22:25:00

The ads will close in 10 Seconds