KPK Harus Mengawal Pemilihan BPK

Opini  RABU, 10 JULI 2019 , 12:40:00 WIB

KPK Harus Mengawal Pemilihan BPK
Undang-Undang yang mengatur pemilihan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)  tidak mendukung calon yang terpilih berkualitas.

Veteran politisi yang mempunyai kemampuan lobby pada kolega di DPR lebih berpeluang terpilih. Padahal banyak PNS eselon I di internal BPK sendiri, dan dari kementrian lain mempunyai kualitas setara dan bahkan lebih bagus.

Pemilihan anggota BPK syarat muatan politik. Ibarat jeruk makan jeruk. Yang diuji oleh para anggota DPR kebanyakan temannya sendiri. Ini adalah bukti gambaran buruknya proses pemilihan.

Bila membandingkan dengan pemilihan anggota Otoritas Jasa Keuangan (OJK),  yang diseleksi lebih awal oleh Panitia Seleksi yang dibentuk pemerintah. Pemilihan OJK lebih baik dan transparan.

Sedang Pemilihan BPK oleh DPR lebih mirip sandiwara dan lelucon semata. Sistem pemilihan yang buruk akan melahirkan lembaga yang buruk.


Oleh karena itu, agar pemilihan berjalan transparan dan terpilih anggota yang berkualitas dan terjaga integritasnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus memantau proses pemilihan BPK, jangan sampai terjadi money politik dan tender harga, mengingat subjektivitas DPR dalam pemilihan BPK sangat tinggi.(*)


Komentar Pembaca
Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

Prabowo Jenguk Korban Kerusuhan

KAMIS, 23 MEI 2019 , 00:14:00

Demonstran Kawal MK Shalat Dhuhur Berjamaah

Demonstran Kawal MK Shalat Dhuhur Berjamaah

RABU, 26 JUNI 2019 , 19:56:00

SBY Bertemu Megawati

SBY Bertemu Megawati

SENIN, 03 JUNI 2019 , 22:25:00

The ads will close in 10 Seconds