KLS Ikut Uji Peserta Kompetensi LKS-SMK

Pendidikan  KAMIS, 11 JULI 2019 , 16:08:00 WIB

KLS Ikut Uji Peserta Kompetensi LKS-SMK

Foto:RMOLJatim

RMOLJatim. Untuk memotivasi peningkatan kompetensi siswa, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kompetisi tahunan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK).  Dalam kegiatan tahunan tingkat nasional yang mengambil tema Kompeten Menyongsong Industri 4.0, PT Kawan Lama Sejahtera (KLS) ikut serta menguji kompetensi siswa SMK.

Melalui gelaran LKS SMK ini, Kawan Lama ikut berpartisipasi mendidik bangsa khususnya pendidikan vokasi, karena bangsa Indonesia membutuhkan tenaga kejuruan yang mampu mengoperasikan alat-alat dengan sistem komputerisasi. SMK dari tahun ke tahun harus semakin naik kelas, terlebih dalam urusan skill. Yang sebelumnya mengoperasikan alat konvensional, sekarang harus mampu menggunakan mesin komputerisasi, agar kompeten untuk menyongsong Industri 4.0,” kata Komisaris PT KLS, Tony Sartono, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (11/7).

Kawan Lama ikut berpartisipasi  dengan menguji kompetensi siswa dalam mengoperasikan mesin yang bersistem komputerisasi, seperti mesin Computer Numerical Control (CNC), yakni mesin yang digunakan untuk proses manufacturing (material logam), berbasis teknologi komputer, dimana pengendalian dan desain produk dapat dilakukan secara digital. Mesin ini terdiri dari CNC Milling dan CNC Turning.

Lomba CNC bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa SMK dalam pencapaian kompetensi di bidang pemrograman dan pengoperasian CNC. Ke depannya, siswa SMK diharapkan semakin mahir mengoperasikan mesin-mesin bersistem komputerisasi, karena mesin-mesin inilah yang nantinya akan banyak ditemui di dunia kerja.

Lomba kompetensi CNC Milling dan CNC Turning dibagi menjadi dua, yaitu uji kompetensi teori dan praktik. Dalam teori, peserta akan membuat program CAD/CAM sekaligus mensimulasikan program tersebut melalui software yang sudah disiapkan dan akan ditransfer ke mesin CNC.


Komentar Pembaca
Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Pembantaian Keji Serda Rikson

Pembantaian Keji Serda Rikson

SABTU, 31 AGUSTUS 2019 , 06:54:00

Tolak Revisi UU KPK, Mahasiswa Duduki DPR

Tolak Revisi UU KPK, Mahasiswa Duduki DPR

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 17:41:00

Tiga Anggota Polsek Wonokromo Naik Pangkat

Tiga Anggota Polsek Wonokromo Naik Pangkat

SELASA, 20 AGUSTUS 2019 , 08:49:00

The ads will close in 10 Seconds