26 Mahasiswa Asing Belajar Aksara Jawa

Pariwisata & Budaya  KAMIS, 29 AGUSTUS 2019 , 17:23:00 WIB

26 Mahasiswa Asing Belajar Aksara Jawa

Mahasiswa asing yang belajar aksara Jawa/RMOLJatim

RMOLJatim. Sebanyak 26 mahasiswa asing dari 10 negara melakukan Javanese Calligraphy. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Ubaya Summer Program 2019 dengan tema Product Design and Development: Indonesian Traditional Patterns”.
 
"Summer Program dikemas lebih menyenangkan agar dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa asing. Karena itu, aktivitas pembelajaran dilakukan di dalam dan di luar kelas. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia,” kata Direktur Kerjasama Kelembagaan Luar Negeri, Adi Prasetyo Tedjakusuma dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (29/8).
 
Ubaya Summer Program 2019 merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Mereka tiba di Surabaya pada tanggal 26 Agustus dan berada di Surabaya sampai 3 September. Selama satu minggu, mahasiswa asing diajak untuk mengenal dan belajar tentang kesenian dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Salah satunya dengan memperkenalkan tulisan aksara Jawa.
 
Sementara, Pengajar Aksara Jawa sekaligus Dosen Program Studi Desain Fashion dan Lifestyle Fakultas Industri Kreatif (FIK) Ubaya, Christabel Annora Paramita Parung, S.T., M.Sc, mengatakan, aksara Jawa merupakan salah satu aksara tradisional Nusantara yang perlu dilestarikan dan diperkenalkan kepada dunia.
 
"Indonesia itu kaya akan seni dan budayanya. Kami ingin memperkenalkan kesenian dan budaya asli Indonesia berupa tulisan yaitu aksara Jawa. Melalui kegiatan ini, mahasiwa asing diajak untuk mengenal bagaimana tulisannya sekaligus mempraktikkan secara langsung dengan menulis nama mereka menggunakan aksara Jawa,” tuturnya.
 

Komentar Pembaca
Selama Karhutla Masih Ada, Visi SDM Unggul Jokowi Cuma Mimpi
Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Pembantaian Keji Serda Rikson

Pembantaian Keji Serda Rikson

SABTU, 31 AGUSTUS 2019 , 06:54:00

Titiek Soeharto Bersama Petinggi Malaysia

Titiek Soeharto Bersama Petinggi Malaysia

JUM'AT, 02 AGUSTUS 2019 , 11:42:00

Tiga Anggota Polsek Wonokromo Naik Pangkat

Tiga Anggota Polsek Wonokromo Naik Pangkat

SELASA, 20 AGUSTUS 2019 , 08:49:00

The ads will close in 10 Seconds