Agar Siswa Lebih Terbuka, Ini Program Dindik Surabaya

Pendidikan  RABU, 16 OKTOBER 2019 , 14:16:00 WIB | LAPORAN: ARIF TJAHJONO

Agar Siswa Lebih Terbuka, Ini Program Dindik Surabaya

Ikhsan/RMOLJatim

RMOLJatim. Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya dalam beberapa tahun ini mempunyai program guru bimbingan konseling (BK) di sekolah adalah sahabat siswa.

Konsepnya, guru BK tidak menunggu anak datang untuk menceritakan problem yang dihadapi, namun guru BK mendekati anak tersebut terlebih dahulu untuk melakukan pendekatan. Dengan demikian, anak tersebut bisa lebih terbuka.

"Guru BK ini tidak sendiri, karena kami juga menyiapkan tim tingkat kota untuk memberi pendampingan. Seperti dari Asosiasi Psikolog Sekolah Indonesia (APSI), lembaga swadaya masyarakat yang konsen dengan persoalan anak, psikolog jalanan, dan lain sebagainya,” kata Kepala Dispendik Kota Surabaya Ikhsan dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (16/10).

Ikhsan mengungkapkan, agar guru BK tersebut bisa masuk kepada anak-anak tadi, dilatihlah para Konselor Sebaya. Siswa yang dilatih memiliki kriteria supel dan mudah bergaul.

Sebab, tak sedikit anak yang lebih memilih bercerita kepada teman sebayanya dibanding kepada guru. Dari Konselor Sebaya ini, guru BK mendapatkan informasi yang bisa ditindak lanjuti.


Komentar Pembaca
Foto Resmi Jokowi-Maruf

Foto Resmi Jokowi-Maruf

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 14:16:00

Mahasiswa Menyemut Di DPRD Jateng

Mahasiswa Menyemut Di DPRD Jateng

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 15:42:00

Mahasiswa Bubar, Anggota Polri Berswafoto

Mahasiswa Bubar, Anggota Polri Berswafoto

KAMIS, 26 SEPTEMBER 2019 , 17:32:00

The ads will close in 10 Seconds