850 Hektar Hutan di Gunung Arjuno Terbakar

Daerah  JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 11:27:00 WIB | LAPORAN: B. PRASETYO

850 Hektar Hutan di Gunung Arjuno Terbakar

foto/ilustrasi

RMOLJatim. Sebanyak 850 hektar lahan di kawasan gunung arjuno habis terbakar dalam beberapa minggu ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim masih melakukan berbagai upaya, untuk memadamkan api yang menjalar ke kawasan Tanaman Hutan Rakyat (Tahura) itu.

"Kalau sekarang titik api sudah tidak ada, tapi yang menjadi kendala adalah bara-bara kemarin kan berdampak. Bara kemarin kita basahi sehingga tidak ada api yang muncul lagi," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Provinsi Jawa Timur, Satrio Nurseno pada Kamis (17/10).

Menurut dia, kebakaran lahan di Tahura itu telah menghanguskan beberapa vegetasi yang masuk dalam kategori dilindungi. Tanaman itu tumbuh di wilayah konservasi. Petugas rencananya akan melakukan recovery lahan, setelah kebakaran hutan reda.

"Vegetasi yang terbakar termasuk dilindungi termasuk cemara gunung dan edelwis, di tahura itu kan termasuk hutan rakyat dan itu termasuk taman konservasi ya. Ini akan menyebar benih-benih agar tanaman seperti itu bisa tumbuh lagi meskipun katanya sulit," katanya.

Untuk melakukan langkah antisipasi, BPBD Jatim menerjunkan tim relawan untuk membawa tandon air berkapasitas 2200 liter ke beberapa titik yang rawan keatas pegunungan. Selain untuk pembasahan, tandon air itu juga akan berfungsi untuk minum dari satwa liar yang kekurangan air karena adanya kebakaran.

"Kami masih memetekan kebutuhan berapa, rencana 2200 liter bawa naik saja susah. Kalau perjalanan pos sampai pos nanti harus jalan kaki. Bagaimana lagi kan nggak bisa naik yang penting sampai dan bisa minimalisir kebakaran dan dampak lain," pungkasnya.[bdp]


Komentar Pembaca
Tolak Revisi UU KPK, Mahasiswa Duduki DPR

Tolak Revisi UU KPK, Mahasiswa Duduki DPR

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 17:41:00

Foto Resmi Jokowi-Maruf

Foto Resmi Jokowi-Maruf

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 14:16:00

Mahasiswa Menyemut Di DPRD Jateng

Mahasiswa Menyemut Di DPRD Jateng

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 15:42:00

The ads will close in 10 Seconds