Mahasiswa ITS Buat Aplikasi Foculance Untuk Anak Pecandu Gim Online

Pendidikan  SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 05:48:00 WIB

Mahasiswa ITS Buat Aplikasi Foculance Untuk Anak Pecandu Gim Online

Aplikasi Foculance for Children/RMOLJatim

RMOLJatim. Dua mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengembangkan sebuah aplikasi pengatur waktu akses aplikasi berbasis kuis yang bernama Foculance.

Mereka adalah Yusuf Umar Hanafi dan Aufa Nabil Amiri, mahasiswa Departemen Teknik Komputer ITS yang tergabung dalam tim The Hash Slinging Slacer.

Dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (8/11), Yusuf Umar Hanafi menjelaskan bahwa ide pembuatan Foculance berawal dari seringnya ia menemui anak-anak usia sekolah yang kecanduan bermain ponsel.

Ia menilai, mayoritas dari mereka memakai ponsel untuk bermain gim online dan menonton video. "Saat itu saya mengerjakan tugas di warkop, anak-anak asik memakai wi-fi untuk main gim,” ujarnya.

Mencoba menelusuri, mahasiswa yang menggemari bidang mobile development tersebut menemukan data yang cukup mencengangkan. Bahwa 83 persen anak di Indonesia sudah memiliki dan mahir mengoperasikan ponsel. Namun ketika ditelisik lebih dalam, tujuan orang tua memfasilitasi anak dengan ponsel adalah untuk fungsi komunikasi, terlebih lagi dengan harapan untuk dapat mengakses aplikasi pendidikan.


Komentar Pembaca
Foto Resmi Jokowi-Maruf

Foto Resmi Jokowi-Maruf

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 14:16:00

Prabowo Kunjungi Menhan Malaysia

Prabowo Kunjungi Menhan Malaysia

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 08:29:00

Kapolrestabes Surabaya Takziah

Kapolrestabes Surabaya Takziah

SABTU, 12 OKTOBER 2019 , 13:32:00

The ads will close in 10 Seconds