Mak Susi Minta Pengadilan Hentikan Kasusnya, Ini Alasannya

Hukum  SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 23:31:00 WIB | LAPORAN: I KOMANG ARIES DARMAWAN

Mak Susi Minta Pengadilan Hentikan Kasusnya, Ini Alasannya

Mak Susi dan Tim Penasehat Hukumnya/RMOLJatim

RMOLJatim. Tri Susanti alias Mak Susi mengajukan eksepsi atau tanggapan atas surat dakwan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Jatim. Melaui tim penasehat hukumnya, Mak Susi menyebut surat dakwaan jaksa disusun secara tidak jelas dan cermat.

"Perkara ini diproses tanpa adanya pelaporan dari pihak yang merasa dirugikan, hal itu sangat bertolak belakang dengan delik aduan, sifat pada jenis kasus ini," ujar Sahid, salah satu anggota tim penasehat hukum Mak Susi dikutip Kantor Berita RMOLJatim saat membacakan eksepsinya dalam persidangan diruang cakra, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (2/12).

Jaksa juga dinilai tidak menguraikan bahwa isi pesan yang dikirimkan terdakwa melalui grup WhatsApp tersebut, merupakan pemicu kerusuhan yang terjadi di Manukwari Papua Barat, pada 19 Agustus 2019 lalu.

"Pesan yang dikirim oleh terdakwa tidak berdampak apa-apa, jangankan di Papua, di Surabaya saja tidak ada dampak. Karena isi pesan terkirim diperuntukan hanya untuk pihak internal dalam group saja. Artinya, isi pesan terdakwa tidak ada hubungan hukum dengan kerusuhan yang terjadi di Manukwari,"sambung Sahid.

Oleh karena surat dakwaan jaksa dinilai cacat formil dan materiil, tim penasehat hukum Mak Susi memita agar perkara ini tidak dilanjutkan ke pembuktian pokok perkara.


Komentar Pembaca
Foto Resmi Jokowi-Maruf

Foto Resmi Jokowi-Maruf

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 14:16:00

Prabowo Kunjungi Menhan Malaysia

Prabowo Kunjungi Menhan Malaysia

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 08:29:00

Kapolrestabes Surabaya Takziah

Kapolrestabes Surabaya Takziah

SABTU, 12 OKTOBER 2019 , 13:32:00

The ads will close in 10 Seconds