PKS Khawatir Pencurian Ikan Di Natuna Hanya Cover Agenda Ilegal China

Politik  SENIN, 13 JANUARI 2020 , 22:26:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

PKS Khawatir Pencurian Ikan Di Natuna Hanya Cover Agenda Ilegal China

Kapal Coast Guard China/Net

RMOLJatim. Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKS, Sukamta menduga kapal nelayan milik China tak hanya sekadar mencuri ikan di Laut Natuna Utara yang berada di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia, melainkan ada hal lain yang diincar.

"Kita memahami sikap China memang tidak akan pernah surut. Sebetulnya kita bertanya-tanya apa hanya sekadar mencari ikan atau dia melakukan banyak aktivitas yang covernya adalah mencari ikan," ucap Sukamta saat diskusi publik bertema 'Kedaulatan RI Atas Natuna' yang diselenggarakan oleh Centre for Dialogue And Cooperation Among Civilizations (CDCC) di Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (13/1).

Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR ini pun khawatir jika ternyata China hanya membuat cover pengalihan menggunakan kapal nelayan.

"Yang kita khawatirkan, China ini hanya sekadar membuat cover bahwa itu nelayan. Tapi boleh jadi kepentingan China juga sumber daya yang ada di dalam lautnya sendiri, di bawah lautnya," jelasnya.

Oleh karenanya, Sukamta meminta pemerintah harus segera memastikan nelayan China yang memasuki area ZEE Indonesia tidak melakukan aktivitas ilegal.


Komentar Pembaca

The ads will close in 10 Seconds